Hindari Konsumsi Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks

Selain infeksi HPV, tahukah Anda bahwa penyakit kanker serviks juga bisa dipicu oleh makanan? Dan, mungkin makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks tersebut tanpa disadari sering kita konsumsi.

Lho, kok, bisa? Apa hubungannya makanan yang dikonsumsi dengan meningkatnya risiko terkena kanker serviks?

Ada hubungannya, kok. Jadi, ada beberapa jenis makanan yang memang bisa menyebabkan atau merangsang pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker serviks.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks
Salah Satu Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks / Copyright : aridharmayanti.wordpress.com

Makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks tersebut adalah jenis makanan yang bersifat karsinogenik, misalnya seperti makanan yang di bakar.

Karsinogenik sendiri adalah istilah untuk menyebutkan sifat dari zat karsinogen. Menurut Wikipedia, karsinogen adalah zat yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat tersebut mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh menjadi kanker. Kondisi tersebut juga dapat mengganggu proses-proses biologis.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mengetahui apa saja makanan yang juga bisa menjadi penyebab kanker serviks, terlebih apabila Anda memang memiliki riwayat penyakit kanker ini dalam keluarga inti.

Seperti kata pepatah jaman dulu yang mengatakan “mencegah lebih baik dari mengobati”. Jadi, jika bisa dicegah dengan menjaga asupan makanan harian, kenapa tidak, kan?

Beberapa Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks

Ladies, ada cukup banyak jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita, lho. Dan, mungkin salah satu atau beberapa diantaranya makanan favorit Anda.

Jangan cemas dulu! Beberapa jenis diantaranya masih bisa dikonsumsi, kok. Hanya saja harus dalam porsi yang lebih kecil dan tidak boleh terlalu sering.

Nah, dari pada penasaran, berikut daftar makanan yang bisa memicu penyakit kanker serviks. Diantaranya:

1. Makanan yang di bakar

Steak, sate, jagung bakar merupakan beberapa olahan makanan yang bersita rasa enak dengan proses pemasakan di bakar. Dan, sayangnya makanan jenis ini termasuk ke dalam makanan penyebab kanker serviks yang harus di batasi.

Jikapun ingin tetap mengonsumsinya, pastikan Anda membatasinya serta tidak memakan bagian yang gosong. Karena, bagian yang gosong inilah yang berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Bagian gosong dari makanan yang dibakar bersifat karsinogenik.

2. Daging olahan

Dibandingkan dengan daging asli, daging olahan seperti sosis, ham, bacon, dan sejenisnya mengandung natrium yang tinggi serta bahan pengawet lainnya. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan terlalu sering bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit kanker.

Jadi, jika salah satu makanan kegemaran Anda adalah sosis, Anda sebaiknya mengurangi kebiasaan makan sosis tersebut. Misalnya jadi satu bulan sekali.

3. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Baik yang terkandung dalam makanan, seperti pada tape, maupun pada minuman, seperti wine, tuak, dan sejenisnya, alkohol harus dijauhi.

Alkohol, selain diharamkan oleh beberapa agama, juga tidak baik efeknya untuk kesehatan. Dari pada itu, selain dapat menyebabkan kerusakan pada sel, jaringan, maupun organ dalam tubuh, termasuk otak, alkohol juga memiliki zat karsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

4. Makanan tinggi lemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun, lemak jenuh tidak bagus untuk kesehatan. Selain memicu obesitas, lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Kelebihan hormon estrogen dapat memicu beberapa gangguan pada sistem reproduksi wanita. Salah satunya dapat memicu timbulnya sel kanker.

Beberapa makanan berlemak yang sebaiknya Anda batasi meliputi : Aneka gorengan (apalagi yang digoreng menggunakan minyak jelantah), krim susu dan olahannya, jeroan, daging berlemak, dan makanan berlemak lainnya.

5. Makanan kemasan

Anda penggemar makanan kemasan, seperti chips dan keripik kentang, jus buah kemasan, makanan kalengan, dan makanan kemasan lainnya juga termasuk makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Hal tersebut karena, di dalam makanan maupun minuman kemasan terdapat pemanis buatan, bahan pengawet seperti sodium benzoat dan lainnya, sodium nitrit, dan bahan kimia lainnya yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Mie instan juga termasuk, lho.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks Lainnya

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks
Copyright : SafeBee
  • Popcorn dari microwave
  • Makanan tinggi gula, apalagi gula buatan, termasuk gula halus
  • Makanan kalengan
  • Soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus Anda perhatikan porsinya saat hendak mengonsumsinya. Jika bisa, batasi porsinya dan kurangi intensitas untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas.

Perbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah organik, rutin melakukan olahraga, pintar mengelola stres, istirahat dengan cukup serta perbanyak konsumsi air putih dibanding air berwarna, termasuk soda.

Untuk pencegahan, lakukan juga pap smear, test IVA, atau tes medis lainnya. Sehingga, apabila ada pertumbuhan abnormal di serviks yang dicurigai sebagai sel kanker bisa segera mendapatkan penanganan. Pasalnya, pada kebanyakan kasus, kanker serviks baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut. Karena, gejala kanker serviks pada tahap awal juga tidak terlalu signifikan dan sering diabaikan.

Mungkin Anda butuh ini : Obat Kanker Tradisional (dari tanaman herbal yang terbukti ampuh dan efektif atasi kanker sampai ke akarnya)

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Semoga, dengan Anda tahu beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks di atas, Anda bisa lebih memperhatikan lagi asupan makanan harian Anda. Sehingga, bisa terhindar dari risiko terkena penyakit mematikan ini.

Salam sehat dan semoga lekas sembuh untuk para penderita kanker serviks yang sedang berjuang. Jangan patah semangat, ya!

Silakan bantu share jika informasi di atas dirasa bermanfaat untuk orang lain 🙂

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker Serviks

Leave a Reply